Berlibur Murah di Kota Bandung dengan Mendaki Bukit Jayagiri Lembang Cikole atau ke Tangkuban Perahu

Tinggal di kota Bandung terdapat banyak alternatif untuk berwisata dengan biaya yang tidak harus mahal. Tempat-tempat wisata bisa ditempuh dengan bersepeda atau bersepeda motor. Salah satunya bagi yang ingin memanfaatkan suasana liburan di kota Bandung dengan cara ingin mendaki bukit yang indah dan sejuk dengan medan yang tidak terlalu berat anda bisa mendaki bukit Jayagiri yang bisa dimulai dari alun-alun kota Lembang dengan tujuan akhir bisa ke gunung Tangkuban Perahu atau ke Cikole.



Penduduk kota Bandung yang ingin mendaki bukit Jayagiri bisa datang ke alun-alun kota lembang bisa bersepeda, naik motor atau naik mobil. Parkir kendaraan untuk sepeda, atau sepeda motor lebih mudah bisa parkir di halaman Masjid Agung Lembang yang berdampingan dengan alun-alun Lembang. Bagi yang membawa mobil juga sebetulnya bisa parkir di area halaman Masjid Agung hanya sepertinya agak terbatas, jika sudah penuh harus mencari alternatif parkir di temapat lain. Dari alun-alun kota Lembang Anda bisa bertanya pada pedagang atau penduduk di situ arah untuk mendaki ke Tangkuban Perahu ataupun ke Cikole. Bagi yang sudah lama tidak mendaki gunung atau tidak berolahraga, bukit ini Jayagiri cocok untuk melatih kembali kemampuan mendaki gunung. Anda juga bisa membawa keluarga untuk mendaki bukit ini, karena medannya cukup menyenangkan untuk acara keluarga.

Penduduk dari luar kota Bandung bisa menginap dihotel-hotel yang terdapat banyak di sekitar kota Lembang. Supaya lebih mudah pilihlah hotel yang berada dekat dengan alun-alun Lembang supaya jalur awal pendakian tidak terlalu jauh, karena bisa ditempuh dengan berjalan kaki.

Foto ini diambil di Perkemahan Jayagiri Lembang Bandung

Sepanjang perjalanan mendaki bukit Jayagiri adalah jalan setapak, Anda akan dikelilingi oleh hutan pinus di sepanjang perjalanan hawanya dingin dan sejuk, Anda akan berpeluh keringat, jika sudah lama tidak berolahraga. Jangan lupa bawalah perbekalan memakai tas gendong terutama air, Anda bisa beristirahat sambil memakan perbekalan menyenangkan bagi yang suka berolahraga mengarungi alam. Kegiatan ini juga bisa dipakai untuk mendidik ana-anak mengenalkan hutan dan gunung secara langsung. Setelah kurang lebih 2 jam pendakian nanti akan bertemu dengan tempat perkemahan dengan pemandangan yang sangat indah di sekitarnya, Anda bisa menikmati pemandangan di area perkemahan.

Setelah sampai di area perkemahan, Anda bisa bertanya di perkemahan itu ke arah gunung Tangkuban Perahu atau ke Cikole terserah pilihan Anda tujuan akhir kemana. Perjalan pulang Anda bisa menggunakan jalur sebelumnya atau bisa juga menggunakan kendaraan umum baik dari Tangguban Perahu ataupun Cikole ke arah alun-alun Lembang. Hanya ketika libur akhir pekan yang panjang Anda akan terjebak macet panjang, jika menggunakan kendaraan umum dari Tangguban Perahu atau Cikole ke alun-alun Lembang, jika kuat mending jalan kaki lagi saja menggunakan jalur yang tadi Anda mendaki. Selamat mencoba bagi yang ingin merasakan petualangan ringan namun seru.

1 comment:

Impuls dan Momentum

Memahami ilmu fisika banyak yang salah memahami bahwa ilmu fisika belajar menghafal rumus, padahal ketika benar-benar memahami arti fisisnya...